Senin, 04 November 2013

Trauma Masa Kecil

Efek nonton Vidio nya Marshanda yg judulnya "Failure To Hikmah" dimana menceritakan sebab nya dia Stress berat serta mengaplod vidio- vidio nya yang menggegerkan itu.
Ada satu Hal yang cukup menarik buat saya, yaitu saat dia bercerita bahwa saat dia konseling dalam keadaan emosi pasca bertengkar dengan mamahnya, saat itu konselornya menyuruh nya untuk melihat dirinya di cermin dan menanyakan itu siapa, dicermin itu adalah cha-cha masa kecil yg "kesepian" efek ketidakharmonisan dari ayah dan ibunya dahulu.
Tiba- tiba langsung teringat masa lalu, saat saya kecil. Memori otak tiba- tiba mengambil file dimana saat saya berusia sekitar 5 tahun. Ditahun tahun itu pun ternyata saya mengalami apa yg dialami cha-cha kecil. Ya, saya mersa kesepian,saya merasa sendirian. Kenapa? Oke akan saya ceritakan. Ga bermaksud membuka aib, tapi hanya ingin sharing aja, semoga bisa diambil pelajaran.

Dulu saat saya kecil,hampir setiap hari saya melihat bapak dan ibu saya bertengkar, mulai dari perang mulut hingga mereka #hampir pukul- pukulan pake kayu dan itu di depan saya. Saat mereka bertengkar saya bisa mengambil sikap sendiri yaitu menghindar mengamati dari jauh. Bapak sering sekali marah- marah. Ntah apa penyebabnya tiba- tiba saja poci terbuat dari keramik sudah berantakan di lantai. Dari gelas sampai lempar panci yang isinya kolak pisang yang baru matang yang isinya baru saya ambil satu mangkok tiba- tiba sudah melayang jauh berantakan di lantai sana. Bahkan, poci baru yang terbuat dari tembaga hancur di pukul- pukul palu karena pocinya udah ga beli pake poci keramik hahahahaha
sampai pada puncaknya mereka hampir pukul- pukulan pake kayu saling bertatapan saling mengacungkan kayu di tangan mereka masing- masing. Mungkin kalo orangtua saya ARTIS sudah cerai dari dulu kali yaa hahaha Alhamdulillah nya bisa bertahan sampai maut memisahkan heheh

Taukah kalian apa dampaknya bagi saya??? Dampaknya adalah saya TAKUT dengan ayah kandung saya sendiri. Ya Nur kecil menganggap bapak adalah tokoh antagonis yang pantas di benci sedang ibu saya adalah tokoh protagonis yang sangat tersiksa.
Jujur saya sangat teramat sangat takut dengan bapak saya sendiri. Kemana- mana saya ga berani jauh dari emak saya.Terlebih beberapa kali saya pernah mendapat perlakuan yang menambah kesan bahwa seorang ayah adalah ayah yang Menakutkan. Saya pernah di ikat tanganya pake jilbab panjang ke belakang seperti penjahat gitu dengan ikatan yang cukup kencang, saya lupa penyebabnya apa tapi yang jelas itu menimbulkan trauma yang teramat buat saya. Saya sangat takut dengan bapak, saking takutnya saat saya tidur dikelonin ibu awalnya,setelah pulas ibu saya akan melanjutkan aktivitasnya yang tertunda semisal mencuci piring dll. Nah saat ibu saya meninggalkan saya tidur sendirian, ayah saya biasanya gantiin ibu saya nemenin saya, tapi boro- boro tambah pulas,yang ada saya langsung terbangun langsung larii ke belakang mencari ibu saya. Saking takutnya sama bapak, sudah tidur sepulas apapun kalau yang nemenin bapak saya langsung terbangun dan ga mau deket- deket sama bapak. Sampai pada suatu hari saya masih ingat bapak saya bilang "Ko ga mau tidur sama bapak, sini aja ditungguin bapak biar gantian sama ibu,ibu mau beres- beres di dapur" saya tetap ga mau, saya mau lepas dari bapak tapi bapak tetep nahan saya dan bilang "kalo Nur ga mau sama bapak, bapak pergi aja lah dari rumah soalnya anak bapak ga mau di temenin bapak" nah sejak saat itu saya jadi mikir juga, kalo bapak pergi gimana, nanti tidur dimana? kalo ujan neduh dimana hingga akhirnya kalo saya tidur ditemenin bapak meski terbangun saya pura2 tidur karena ada rasa kasihan juga sama bapak kalo pergi giaman nasibnya hehehe

Pernah waktu itu bapak marah langsung mbanting tempat minum saya yang baru di belikan emak. Waktu itu saya udah siap siap buat berangkat sekolah TK tapi ntah apa yang terjadi bapak tiba2 marah dan mbanting tempat minum saya itu alhasil ga jadi berangkat deh hahaa.
Setiap bapak berkata keras saya langsung takut, ntah marah sama ibu atau saya saya langsung masuk kamar nangis dibawah bantal. Bener kata marshanda yang dia ga bisa apa apa saat orangtua nya bertengkar. Saya pun ngerasaain kalo saya kesepian, dan kenapa saya harus menghadapi ini semua seakan akan sendirian.
Itulah sebab kenapa saat kaka- kaka saya pulang kerumah saya teramat sangat senang, karena saya punya teman dan saya ga sendirian menghadapi hari- hari yang di liputi rasa takut. Setiap hari saya selalu deg- degan apa yang akan terjadi hari ini?Apa yang akan dilakukan bapak sama emak?dan bla bla bla
Nah saat semua kaka- kaka harus berangkat merantau lagi, di situlah saya teramat sangat sedih. Saya ingin sekali ikut mereka. Saya mau pergi dari rumah, saya ingin pindah sekolah, saya ga mau tinggal di sini. Saking takutnya kalau kalau terjadi sesuatu yang menyakitkan lagi.
Pernah suatu hari setelah pertengkaran hebat, emak bilang kalo mau pergi dari rumah, tapi saya ga diajak. Saat itu saya benar- benar takut. Saya ga mau berangkat sekolah, takut kalau- kalau saat saya pulang emak sudah pergi tanpa mengajak saya dan itu artinya saya harus tinggal sama bapak. Oh NO!

Ya sikap keras, tegas dan galak bapak memang sudah dari dulu. Bapak memang orang yang cukup tempramen tapi sebenernya dia sangat penyayang. Efek dari sikapnya itu membuat saya selalu berhati- hati agar tidak membuat bapak marah. Sikap bapak ini memberi dampak positif yaitu tidak membuat saya bergantung pada nya namun dampak negatifnya dalah saya menjadi anak yang ga bisa memberi pendapat, karena kalo dirumah kalo bapak sudah bilang A ya A ga bisa B atau C. Dan ga berani juga buat ngomong saya suka yang ini daripada yang itu dan bla bla bla. Saya pun tumbuh jadi anak yang suka marah juga, gampang emosi. Sampai ibu saya sering bilang "Nur sukanya marah- marah terus, apa ga sayang saya emak?"padahal waktu itu saya masih berumur sekitar 8 tahun.Ya efek karena saya ga bisa ngomong, ga bisa ngungkapin apa mau saya, apa yang saya rasaan efek dari "kekerasan" psikis yang saya alami dan saya baru sadar sekarang bahwa penyebabnya adalah ya itu efek sikap orangtua yang seperti saya ceritakan diatas.

Menginjak usia SMP pun keputusan berjilbab bapak yang memutuskan bukan saya, ya meski saya menerima saja tapi dari sini sekali lagi saya tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang saya inginkan. Sikap bapak pada saya sebenernya jauh jauh lebih "kalem" daripada sikap dia kepada kaka- kaka saya. Beberapa kali curhat pun mas slalu bilang "bersyukur nur degan apa yang kamu alami sekarang,bapak jauh lebih #kalem sama kamu" Oh meenn gini aja udah bikin saya takut setengah mati gimana dulu sama kalian. Ya memang, ibupun mengiyakan pernyataan masku itu.
Oiya efek sikap bapak yang suka berbicara keras (membentak) itu ber efek juga sama salah satu kakakku. Diperusahaan kakku itu ada promosi jabatan ke superviser, kakakku itu jadi salah satu karyawan yang akan dipromosikan, Pernah suatu hari kakakku di bentak dan di marahi oleh managernya dan bilang "goblog" esoknya kakaku itu langsung mengundurkan diri jadi calon superviser. Dan setelah tau alasanya adalah karena dia teringat akan sikap bapak itu. Dan dia tidak suka diperlakukan seperti itu.

Namun pada akhirnya,saya mulai bisa menerima kondisi kondisi seperti ini. Rasa takut sama bapakpun sedikit- demi sedikit berkurang tentunya karena sikap bapak juga yang mulai melunak. Dan banyak moment yang pada akhirnya membuat saya mengerti kalau bapak itu sebenernya sanngat sayang pada kami anak- anaknya.

Dari sini bisa di ambil hikmahnya bahwa sosok ayah memang harus kuat,tegar tapi tiadak harus Galak, suka membentak. Tidak harus bertengkar di depan anak- anaknya. Apresiasi kepada anak semisal "kamu pintar, bapak bangga sama kamu" itu hal yang amat penting untuk membuat PD si anak sedangkan kata kata kasar bentakan dll dapat menimbulkan efek trauma sampai dewasa. Orangtua harus memerankan peran mereka pada anak- anaknya, peran yang dapat memberikan dampak positif pada psikis si anak.  

Iya kalau anak- anak dapat melampiaskan apa yang dia peroleh dengan hal- hal yang positif. Alhamdulillah saya dan kaka kaka saya bisa melampiaskan ke hal- hal yang positif seperti berprestasi di sekolah dengan tujuan agar bapak senang dan ga marah marah terus. Kalau melampiaskan nya pada hal hal yang negatif ntah apa yang terjadi dengan kita. hahahahaha

Yang jelas, semua ada hikmahnya. Kalau bapak tidak seperti itu kita GA BAKAL tau yang namanya perjuangan hidup. Kita ga bakal tau rasanya gimana buat memperoleh sesuatu dengan uasaha kita sendiri. Biarpun kami bisa dibilang keluarga yang cukup, tapi bapak GA pernah ngajarin kita buat jadi anak orang berada. Bapak selalu mengajarkan bahwa kalau kita menginginkan sesuatu ya USAHA SENDIRI!!! JANGAN BERGANTUNG sama orangtua. Contoh deh jaman mas mas ku kuliah mana ada yang di fasilitasi sama motor, boro- boro motor sepeda aja turun temurun untungya kuliah nya semua satu kampus hahaha padahal bapak mampu beliin tapi dia ga mau katanya nanti jadi manja. Jaman saya SMA pun sama, padahal anak tetangga saya yang SMP aja udah pada pake motor ke sekolah nah saya masih setia dengan sepeda hohoho untungnya SMA saya tinggal di rumah Om, jadi kalo ke SMA nebeng sama shita ehehehe makasi ya shitaa :* sampe- sampe pas mau belajar motor ibu bilang sama bapak "Pak itu anaknya pak ini yang kuli aja anaknya boleh pake motor loh" gara- gara itu saya belajar motor jadi ga dimarahin ehehehe
Dari sinipun kami Belajar SABAR, sabar dalam segala hal.
Yang jelas, kami tetap berterimakasih sama bapak emak, karena mereka kami bisa jadi orang yang seperti sekarang. AKu bangga jadi anak kalian 

Salam sayang buat emak di rumah dan buat bapak di surga Nya :)

SELAMAT TAHUN BARU 1435 HIJRIYAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar